Pages

Minggu, 02 September 2012

PERANAN DATABASE DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN NON PENDIDIKAN BESERTA ASPEKNYA


PERANAN DATABASE
DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN NON PENDIDIKAN
BESERTA ASPEKNYA

Database merupakan salah satu komponen yang penting di sistem informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya. Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan database sistem. Sistem basis data (database system) ini adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi.
Tujuan dari desain database adalah untuk menentukan data-data yang dibutuhkan dalam sistem, sehingga informasi yang dihasilkan dapat terpenuhi dengan baik. Database yang sudah masuk dalam suatu media penyimpanan tidak akan pernah bisa diakses tanpa adanya suatu perangkat lunak aplikasi yang familiar dengannya, misalkan saja perangkat lunak aplikasi yang berbasis database.(http://bowoblog.wordpress.com/2009/05/26/definisi-basis-data-database/)
1.         Peranan database dalam dunia pendidikan
Dalam dunia pendidikan peran basis data (database)  merupakan bagian yang sangat penting. Contoh penggunaannya dalam bidang pendidikan yaitu:
a.        Dalam Aspek Perpustakaan
Dalam mengelola perpustakaan perlu adanya sistem database, agar mempermudah mencari suatu dokumen, buku, referensi dan lain sebagainya, maka dengan mencari berdasarkan nama peneliti, misalnya buku karangan Tatang Sutarman maka secara otomatis kita akan menemukan lokasi buku yang kita cari.
b.        Dalam Aspek Administrasi
Dalam pengelolaan administrasi perlua adanya sistem database guna untuk mempermudah memasukan data. Misalnya, dalam pembayaran spp.
c.         Gambaran Database dan Penerapannya dalam pendidikan
Misalnya dalam dunia pendidikan atau lingkungan akademis pada umumnya, sering anda menjumpai pertanyaan-pertanyaan seperti berikut :
§          Berapa jumlah mahasiswa yang mengambil matakuliah Database Management?
§          Berapa mahasiswa yang aktif pada semester ini ?
§          Berapa jumlah mahasiswa yang berjenis kelamin laki-laki dan yang berjenis kelamin perempuan ?
§          Berapa jumlah mahasiswa yang telah bekerja dan tidak ?
§          Tolong cetakkan Kartu Hasil Studi mahasiswa dengan nama Dian !
§          Dan banyak pertanyaan-pertanyaan yang lain.
Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, bila dalam pengelolaan sistem informasi akademik telah menggunakan sistem database. Tapi akan sangat membosankan dan memakan waktu yang lama jika masih dikelola secara manual. Ini merupakan contoh kecil yang dihadapi dalam dunia akademis, tentu hal ini juga akan dihadapi dalam bidang kerja yang lain dengan format dan model yang lain pula. Kecepatan mulai dianggap sangat penting, maka suatu bentuk pengelolaan database pendidikan tersendiri perlu disusun disetiap organisasi. Dengan tersedianya database tersebut seseorang dapat dengan mudah mencari topik-topik mengenai pendidikan dan lainnya tergantung kepada kelengkapan database tersebut. Tersusunnya basis data ini menjadi prasyarat bagi pengembangan sistem informasi manajemen. Basis data yang telah disusun dengan sistematika tertentu akan berguna jika seseorang ingin mencari informasi/keterangan yang terkandung dalam data tertentu.





2.         Peranan database dalam bidang kesehatan
Dalam bidang kesehatan ada banyak manfaat dari penggunaan database, diantaranya:
a.         Membantu dalam pengolahan data pasien, seperti nama, alamat, no kamar pasien.
b.         Membantu dalam pengolahan data administrasi pasien, seperti kelengkapan biaya berobat dari pasien, apakah sudah lunas atau belum. Dll.
Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Databse terdiri dari data yang akan digunakan atau diperuntukkan terhadap banyak user, dari masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3.         Peranan database dalam bidang bisnis dan industri
Database merupakan kumpulan informasi. Buku telepon, kartu gudang, dan
kartu katalog perpustakaan adalah salah satu contoh database. Dengan database terkomputerisasi, kita dapat menyimpan tiga atau lebih informasi. Sebagai contoh, jika kita menyimpan satu daftar pelanggan bisnis kita dalam database, maka kita dapat:
a.         Mencetak daftar semua pelanggan yang tidak membeli apa pun selama 60 hari yang lalu, beserta nomor teleponnya sehingga kita dapat meneleponnya satu per satu.
b.         Mengurutkan pelanggan lewat kode pos dan mencetak label surat dalam urutan tersebut.
c.         Membuat satu form entry pesanan pada layar yang bahkan teknisi kita yang keahliannya paling rendah sekalipun dapat menggunakannya dengan baik.

4.         Peranan database dalam bidang militer
Penggunaan database dalam bidang militer yaitu dalam:
·          Penentuan lokasi pendaratan,
·          Informasi tentang lokasi obyek vital,
·          Dislokasi satuan tni, dan lain sebagainya.

5.         Peranan database dalam bidang pertanian
Dalam bidang pertanian, database membantu untuk mendata hasil panen, dan mendata banyak pekerja ladang di pertanian.

6.         Peranan database dalam bidang psikologi:
Pembuatan database dalam dunia psikologi sangat memudahkan user untuk pencarian data yang dibutuhkan, seperti seorang HRD yang ditugaskan memberikan penilaian kepada salah satu karyawan maka ia harus melihat data-data terdahulu yang disimpan pada database "data karyawan", yang mungkin saja berisi nama, alamat, nomor pegawai, hasil tes psikologi terdahulu, dan sebagainya. Dengan adanya database tersebut, user hanya membutuhkan satu primary key untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, sehingga tidak terjadi data ganda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berikan Komentar Anda! terimakasih atas kunjungan anda semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita